Beranda | Artikel
Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)
Minggu, 10 Januari 2016

Bersama Pemateri :
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

(Untuk mendapatkan rekaman audio kajian Ustadz Yazid Jawas yang lainnya silakan klik di sini.)

Rekaman video: Ustadz Yazid ‘Abdul Qadir Jawas – Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu – Jakarta 1437 / 2016

Download Juga Risalah Tabligh Akbar: Adab dan Akhlak Penuntut IlmuUstadz Yazid Jawas, berikut ini:
[wpdm_file id=52]

Ringkasan ceramah agama Islam: Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu

Adab merupakan hal yang sangat penting, bahkan Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa adab merupakan agama secara keseluruhan, artinya adalah adab itu mencakup seluruh perkara agama. Bahkan dahulu para ulama belajar adab terdahulu, baru setelah itu belajar tentang ilmu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menerangkan tentang Islam termasuk di dalamnya masalah adab. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan adab dan segala sesuatu dengan jelas hingga adab buang air pun beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam jelaskan.

Di antara adab yang beliau ajarkan adalah ikhlas dalam menuntut ilmu, ikhlas dalam mengamalkan ilmu, dan ikhlas dalam mengajarkan dan mendakwahkan ilmu. Begitu pula para sahabat dan tabi’in, mereka menasihati agar setiap muslim dan muslimah memperhatikan adab-adab dalam menuntut ilmu agar yang dikaji dipelajari menjadi ilmu yang bermanfaat.

Adab dan akhlak yang baik adalah bagian dari amal shalih yang dapat menambah keimanan dan memiliki bobot yang berat dalam timbangan. Pemiliknya sangat dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan akhlak yang baik adalah salah satu penyebab seseorang untuk dapat masuk surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ صَالِحَ الأَخْلاقِ

Simak penjelasan selengkapnya tentang “Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu” ini, bersama Ustadz Yazid Jawas di dalam rekaman kajian ini. Silakan download kajiannya dan dengarkan penjelasannya.

Download ceramah agama Islam: Ustadz Yazid bin Abdil Qadir Jawas – Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/18296-adab-dan-akhlak-penuntut-ilmu-ustadz-yazid-abdul-qadir-jawas/